`

Uniknya Masjid Besi Putra Jaya Sejuk Tanpa AC

Oleh: Saiful hadi Di awal kata dalam laporan perjalanan ini teriring ucapan Alhamdulillah sebagai puji dan syukur terhadap segala nikmat Al...


Oleh: Saiful hadi

Di awal kata dalam laporan perjalanan ini teriring ucapan Alhamdulillah sebagai puji dan syukur terhadap segala nikmat Allah Ta'ala, serta shalawat dan salam kepada Rasulullah saw. Beberapa waktu silam, berkesempatan mengunjungi Masjid Besi Putra Jaya yang merupakan salah satu landmark menakjubkan di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. Masjid ini bernama Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, masjid tersebut terletak di kompleks Putra Jaya yang megah dan merupakan salah satu tempat ibadah yang paling menonjol di Malaysia.

Penduduk setempat sering menjulukinya dengan sebutan "Masjid Besi". Disebut demikian karena sekitar 70 persen material yang dipakai pada masjid ini baik untuk konstruksi, interior dan eksteriornya terdiri dari besi. Konon sekitar 6000 ton baja menjadi komponen utama masjid ini.

Ketika tiba di kompleks Masjid Besi, keindahan arsitektur masjid ini langsung memukau mata. Masjid Besi Putra Jaya dibangun dengan gaya arsitektur modern dan inovatif yang menggabungkan unsur-unsur tradisional dan kontemporer. Strukturnya terbuat dari baja yang dipadukan dengan elemen kaca dan alumunium, memberikan tampilan yang unik dan memukau.

Saat masuk ke dalam masjid, sangat terkesima dengan interior yang luas dan indah. Kubah dan tiang-tiang besi yang menonjol memberikan kesan yang spektakuler. Terdapat ornamen-ornamen indah yang menghiasi dinding-dinding masjid, seperti ukiran kaligrafi Arab yang dipadukan dengan desain geometris modern. Cahaya matahari yang memancar melalui jendela-jendela kaca memberikan sentuhan magis pada suasana di dalam masjid.

Suasana di dalam ruang shalat sangat menentramkan, ditambah lagi suhunya yang sejuk, namun yang menariknya tidak terlihat adanya penyejuk udara seperti kipas angin maupun AC. Akan tetapi disekeliling ruang shalat utama masjid ini terdapat kolam air yang bentuknya bundar, dan sesekali terpancar uap air, hal inilah salah satu penyebab suasananya menjadi sejuk. Di sini pengunjung dapat menikmati suasana udara segar dengan sejuk dan nyaman.

Beranjak dari ruang shalat, menyempatkan diri berkeliling kompleks masjid untuk mengeksplorasi lebih lanjut. Di sekeliling masjid terdapat taman yang hijau dan rapi, menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Selain itu terlihat panorama yang menakjubkan dari halaman masjid yang menghadap ke danau buatan. Pemandangan itu sungguh memukau, terutama saat mentari terbenam dan menciptakan latar belakang yang dramatis.

Kunjungan ke Masjid Besi Putra Jaya menjadi pengalaman yang mengesankan dan berkesan. Keindahan arsitektur modern masjid ini adalah bukti nyata bahwa Islam dan arsitektur modern dapat berpadu harmonis.

at Masjid Besi Putra Jaya


Nama

Artikel,53,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Uniknya Masjid Besi Putra Jaya Sejuk Tanpa AC
Uniknya Masjid Besi Putra Jaya Sejuk Tanpa AC
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg26mSi58mOIURrIfzVWnd5nv1jYdPBZaLt3RL350LQ66PfQKqA9lbm7my1lRZZLcVTnmTWbTgJxwIyQ-bzPz3N_Dc-qAm0Ci8I4cxefKBdxEoLTTWyV7Lq8ZWhaB0b7LhiVA7t14jddPxYtyctNfnYhXrKgMNVYSFQKdpK_LAPAfAzeusCdgCPndlb/s16000/28198967957_36df60ee8e_b.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg26mSi58mOIURrIfzVWnd5nv1jYdPBZaLt3RL350LQ66PfQKqA9lbm7my1lRZZLcVTnmTWbTgJxwIyQ-bzPz3N_Dc-qAm0Ci8I4cxefKBdxEoLTTWyV7Lq8ZWhaB0b7LhiVA7t14jddPxYtyctNfnYhXrKgMNVYSFQKdpK_LAPAfAzeusCdgCPndlb/s72-c/28198967957_36df60ee8e_b.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2023/06/uniknya-masjid-besi-putra-jaya-sejuk.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2023/06/uniknya-masjid-besi-putra-jaya-sejuk.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content