`

Pesona Masjid Baitul Izzati Mukim Lamgarot

Oleh: Saiful Hadi Tepat di samping Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, Gampong Siron, Kemukiman Lamgarot, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar,...




Oleh: Saiful Hadi

Tepat di samping Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, Gampong Siron, Kemukiman Lamgarot, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, berdiri dengan megah Masjid Baitul Izzati yang menjadi pusat spiritual dan keagungan di wilayah ini. Terletak di lokasi yang strategis, masjid ini memancarkan pesona yang tak dapat diabaikan dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Ketika langkah kaki memasuki ke halaman Masjid, keindahan dan kemegahannya akan segera mempesona setiap pengunjung. Halaman yang luas di sisi utara yang telah diberi perkerasan aspal, memberikan ruang yang cukup bagi para jamaah untuk memarkirkan kendaraanya. Di sisi selatan masjid, terdapat balai yang menjadi pesona tersendiri. Balai ini yang berarsitektur khas masjid-masjid tua di Aceh ini, merupakan bangunan masjid tua yang telah dipugar dengan penuh kehati-hatian. Balai tersebut memberikan sentuhan sejarah dan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat setempat untuk berbagai acara sosial dan keagamaan.

Melangkah lebih dekat ke sisi barat masjid, terdapat tempat wudhu yang dirancang dengan baik. Tempat ini memberikan kemudahan bagi jamaah untuk mengambil wudhu sebelum memasuki ruang ibadah. Sementara itu, sisi selatan masjid langsung berbatasan dengan pagar dan jalan desa yang mengarah ke komplek Dayah Ulee Titi.

Masjid Baitul Izzati memancarkan keanggunan dengan warna putih yang mendominasi keseluruhan bangunan. Bagian atapnya dihiasi oleh kubah besar yang menambahkan kemegahan pada masjid, dan dikelilingi oleh empat kubah kecil yang memberikan sentuhan harmonis. Menara tinggi di sisi barat masjid menjadi pemandangan yang memukau, memberikan kesan kemewahan dan keindahan arsitektur masjid. Di dalamnya, interior masjid yang didominasi warna putih menciptakan suasana yang tenang dan khusyuk bagi para jamaah yang beribadah.

Masjid ini juga bukan hanya sekadar tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Pengajian rutin diadakan pada malam Ahad dan diasuh oleh Tgk. Ridwan M Jamil, yang berasal dari Meunasah Baro. Pada malam Senin, pengajian rutin dipimpin oleh Tgk. H Basri Juned (Abon) dari Bakoy. Sedangkan pada malam Rabu, pengajian diasuh oleh Tgk. Saiful Hadi dari Siron. Keseluruhan pengajian ini ramai dihadiri oleh para remaja setempat yang ingin memperdalam pengetahuan agama. Pengajian-pengajian ini dikelola dengan baik oleh Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM), Syeh Ali M Nur, dan Imum Cik Tgk. H Syamsuddin HM Saleh, yang memastikan kegiatan keagamaan berjalan lancar.

Selain itu di masjid ini juga telah berjalan program santunan anak yatim, yang diselenggarakan setiap bulan ramadhan. Serta program qurban pada setiap hari raya idul adha. Program tersebut berjalan atas donasi iklas dari masyarakat dan jamaah masjid.

Di seberang jalannya, kita akan melewati komplek Kuburan Massal Korban Tsunami tahun 2004. Suasana yang mengingatkan kita akan tragedi dahsyat yang pernah melanda Aceh. Kuburan massal ini menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi ribuan jiwa yang menjadi korban kekuatan dahsyat alam. Keberadaan kuburan massal ini menjadi pengingat yang kuat akan kekuatan persatuan dan kebersamaan dalam menghadapi musibah serta membangun masa depan yang lebih baik.

Masjid Baitul Izzati tidak hanya menjadi tempat ibadah yang indah, tetapi juga menjadi sumber pengajaran dan keberkahan bagi masyarakat sekitarnya. Keberadaannya yang mengagumkan dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di dalamnya memberikan dorongan bagi umat Islam setempat untuk memperkuat iman dan menjalin kebersamaan dalam menjalankan ibadah.

Nama

Artikel,53,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Pesona Masjid Baitul Izzati Mukim Lamgarot
Pesona Masjid Baitul Izzati Mukim Lamgarot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUsDKJ5Ga6rbjkd5aavPyrWXUU_y83dr8cBs2laB4w40KuOdhhXAZKkXlWxZ0Q5M0t1uMB9kHyNi-AA9s7wFlxCVVg3LVRqHkIdReJjXysSGtoBdj33buPbaAsSzBWTZNuk-rV5u5GFpqXvROAuY1xUqZDj5vS1_2qZQs32xPEdaJu2tJa-va3Vgak/s16000/IMG-20230614-WA0024.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUsDKJ5Ga6rbjkd5aavPyrWXUU_y83dr8cBs2laB4w40KuOdhhXAZKkXlWxZ0Q5M0t1uMB9kHyNi-AA9s7wFlxCVVg3LVRqHkIdReJjXysSGtoBdj33buPbaAsSzBWTZNuk-rV5u5GFpqXvROAuY1xUqZDj5vS1_2qZQs32xPEdaJu2tJa-va3Vgak/s72-c/IMG-20230614-WA0024.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2023/06/pesona-masjid-baitul-izzati-mukim.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2023/06/pesona-masjid-baitul-izzati-mukim.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content