`

Sharing Session: Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Sketchup Certified User

Oleh: Saiful Hadi Bagi yang bergelut di dunia desain bangunan, terutama arsitek dan insinyur sipil, memiliki keterampilan dalam menggunakan...


Oleh: Saiful Hadi

Bagi yang bergelut di dunia desain bangunan, terutama arsitek dan insinyur sipil, memiliki keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak untuk menggambar 3D seperti Sketchup tentu saja mempunyai nilai tambah.  Dari sejarahnya, software ini awalnya dikembangkan oleh perusahaan Last software dari Boulder, Colorado, co-didirikan pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch. Dan pada pada tanggal 14 Maret 2006 google mengakuisisi perusahaan last software, karena ia tertarik untuk mengembangkan plugin Google Earth.

Pada tahun-tahun berikutnya, tepat pada tanggal 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, dengan menambahkan SketchUp LayOut. Dimana LayOut ini berfungsi untuk drafting gambar 2D, mengatur tata letak halaman dan memudahkan para profesional untuk membuat presentasi tanpa harus melompat ke program presentasi pihak ketiga.

Setelah sekian lama berada pada tangan Google, akhirnya SketchUp kembali berpindah kepemilikan. Pada tanggal 26 April 2012, Trimble mengumumkan akan membeli SketchUp dari Google. Sketchup untuk penggunaan personal tersedia secara gratis yang bisa di akses melalui website resminya, namun kekurangannya tidak tersedia fitur layout. Sementara versi komersial dari perangkat lunak SketchUp Pro terdapat sejumlah tambahan, seperti fitur layout dan Style Builder. SketchUp Pro tersedia untuk pembelian langsung atau melalui jaringan reseller resmi di seluruh dunia, untuk wilayah asia tenggara salah satunya melalui ACA Pacific.

Program Sertifikasi penggunaan Sketchup


Di ACA Pacific sendiri  tersedia program Training dan Sertifikasi Sketchup yang konten pelatihannya sesuai dengan standar dari Trimble. Dalam program Training dan Sertifikasi tersebut, setiap peserta dibekali dengan bimbingan materi dari trainer profesional, serta diberikan fasilitas modul dan file-file pendukung. Materi yang dibahas mulai dari pengenalan dan fungsi serta penggunaan setiap tool, teknik pemodelan, pembuatan kontour, serta tata cara penggunaan layout untuk presentasi gambar.

Setelah selesai semua pemaparan materi, maka berlanjut pada sesi ujian untuk mendapatkan sertifikat. Ujian berlangsung selama 90 menit, soal yang diajukan sebanyak 30 butir dalam bahasa Inggris berbentuk choice. Standar soal yang diajukan sama pada semua negara. setiap soal mengharuskan untuk membuka aplikasi Sketchup ataupun Layout. Nilai maksimumnya 273 poin jika seluruh soal berhasil dijawab dengan benar semua. Jika gagal, diberikan satu kesempatan sekali lagi untuk ujian ulang, dan jika nilainya sesuai target maka langsung muncul tombol untuk mengunduh sertifikat seperti pada gambar berikut:

Tampilan nilai ujian

Alhamdulillah pada pengalaman perdana mengikuti kegiatan sertifikasi Sketchup berstandar Internasional yang diselenggarakan oleh ACA Pacific ini nilainya memenuhi sehingga bisa dapat sertifikat user. Sebagai informasi dalam kegiatan ini memakai Sketchup versi 2020 trial 30 hari yang bisa di unduh langsung dari situs resminya. Dan bentuk sertikat sketchupnya seperti berikut:

Sketchup Certified User
  • [message]
    • Belajar Online Sketchup
      • Tukang Gambar menyelenggarakan Program Pelatihan Belajar Desain 3D dengan SketchUp secara online yang dipandu oleh Trainer berpengalaman. Dalam pelatihan ini dikupas langkah demi langkah dalam membuat model 3D. Sehingga InsyaAllah akan memudahkan dalam memahami alur kerja dalam membuat model 3D menggunakan software Skecthup.

        ayo daftarkan segera [daftar disini  ##download##]
Nama

Artikel,53,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Sharing Session: Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Sketchup Certified User
Sharing Session: Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Sketchup Certified User
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHPYq7jcZByeIPLHl5hyRdIHQ_4OLm80_UVRo87SMOSaebIR06eY_0WZ495luQ3sqVLTLwqLrSqSg72BKL83SScMNdcazwcfP8g5WbMBYjS8SeLx-vl9pBymw-RW8Gdmpk3dHVCx1Kj0E/s640/Untitled-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHPYq7jcZByeIPLHl5hyRdIHQ_4OLm80_UVRo87SMOSaebIR06eY_0WZ495luQ3sqVLTLwqLrSqSg72BKL83SScMNdcazwcfP8g5WbMBYjS8SeLx-vl9pBymw-RW8Gdmpk3dHVCx1Kj0E/s72-c/Untitled-1.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2020/08/sharing-session-pengalaman-mengikuti.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2020/08/sharing-session-pengalaman-mengikuti.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content