`

Menyelami Keindahan Arsitektur Masjid Selat Malaka

Oleh: Saiful hadi Akhir tahun lalu, alhamdulillah berkesempatan mengunjungi Masjid Selat Malaka yang terletak di kota Malaka, Malaysia. Mas...


Oleh: Saiful hadi

Akhir tahun lalu, alhamdulillah berkesempatan mengunjungi Masjid Selat Malaka yang terletak di kota Malaka, Malaysia. Masjid ini merupakan salah satu destinasi religius yang terkenal dan memiliki arsitektur yang menarik serta unik.

Masjid Selat Malaka dibuka pada tahun 2006 dan telah menjadi ikon dari Negeri Jiran sejak saat itu. Pembangunan masjid ini konon menghabiskan dana sekitar Rp 36 miliar. Meskipun tergolong bangunan baru, namun masjid ini telah mampu menarik perhatian banyak orang karena keindahannya.

Salah satu faktor penting yang membuat Masjid Selat Malaka istimewa adalah sistem konstruksi bangunannya, terutama bagian pondasinya. Dimana Konstruksinya menggunakan pondasi tiang pancang yang tertancap ke dasar laut, sehingga saat air laut pasang, masjid ini terlihat seolah-olah mengapung di atas air. Itulah mengapa masjid ini dikenal sebagai masjid terapung.

Masjid Selat Malaka memiliki luas 1,8 hektar dan dapat menampung hingga 2.000 jamaah. Salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan masjdi ini adalah dari seberang pantai. Pemandangan arsitektur gabungan gaya Melayu dan Timur Tengah dapat membuat setiap pengunjung terpesona.

Masjid Selat Malaka juga memiliki ruang terbuka yang luas di sekitarnya, tempat para jamaah dapat berkumpul dan bersantai. Pemandangan sekitar masjid meliputi pemandangan Selat Malaka yang indah, menambahkan keindahan alamiah pada masjid ini.

Selain itu tidak jauh dari masjid terdapat sebuah menara yang menambah pesona tersendiri. Desainnya menggabungkan elemen-elemen seni Melayu dan Arab, menciptakan sebuah landmark yang unik. Secara keseluruhan baik bangunan masjid dan menara didominasi oleh warna putih dengan hiasan ukiran kayu yang rumit dan ornamen Arab yang khas. Desainnya menciptakan suasana yang anggun, tenang, dan memikat, membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Tampak depan Masjid

Tempat Wudhu dan Menara Masjid

Interior ruang shalat

Orname kubah

Tampak dari sisi selat Melaka

Denah Masjid



Nama

Artikel,53,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Menyelami Keindahan Arsitektur Masjid Selat Malaka
Menyelami Keindahan Arsitektur Masjid Selat Malaka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp6jH8TL07jwGIRlKz7Af0xXHbne8R_1XHVO8MqF_4YEZ-CZbtzfS72OuHVFQgz0i5EseFc3TrIsPPgyjkytsXhi9R_j2bvlOe-1gt6skexU0WQgmFtipNKi-YM5Srkw1jUCixXIEEeQ5ol6g5fibiBFAhEXMDVVkzqbFnzwfBJojFFsm6ilOxepLD-0Q/s16000/20220625_115318.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp6jH8TL07jwGIRlKz7Af0xXHbne8R_1XHVO8MqF_4YEZ-CZbtzfS72OuHVFQgz0i5EseFc3TrIsPPgyjkytsXhi9R_j2bvlOe-1gt6skexU0WQgmFtipNKi-YM5Srkw1jUCixXIEEeQ5ol6g5fibiBFAhEXMDVVkzqbFnzwfBJojFFsm6ilOxepLD-0Q/s72-c/20220625_115318.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2023/06/menyelami-keindahan-arsitektur-masjid.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2023/06/menyelami-keindahan-arsitektur-masjid.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content