`

Pengaruh Tulangan Terhadap Kekuatan Beton

Oleh: Saiful Hadi Penggunaan beton bertulang pada dunia konstruksi sangat sering dilakukan, karena beton mudah dibentuk sesuai dengan keing...


Oleh: Saiful Hadi

Penggunaan beton bertulang pada dunia konstruksi sangat sering dilakukan, karena beton mudah dibentuk sesuai dengan keinginan sang perencana. Beton bertulang merupakan perpaduan antara material pasir, semen, air, dan kerikil, serta besi tulangan. Penggunaan besi tulangan adalah sebagai penguat beton, hal itu karena sifat dari beton hanya mampu menahan beban tekan namun lemah terhadap gaya tarik.

Dalam perencanaan beton bertulang, ada 3 kemungkinan type/kasus keruntuhan yang terjadi pada perencanaan [1], antara lain :
  • Tulangan Kuat (Overreinvorced). Keruntuhan type ini terjadi akibat tulangan terlalu banyak, sehingga beton yang tertekan hancur terlebih dahulu (beton mencapai kekuatan batasnya terlebih dahulu). Keruntuhan ini terjadi secara tiba-tiba (brittle failure).
  • Tulangan Lemah (Underreinvorced). Pada kasus ini tulangan mencapai tegangan lelehnya (fy) terlebih dahulu, setelah itu baru beton mencapai regangan batasnya (c), dan selanjutnya struktur runtuh. Pada kasus ini terlihat ada tanda-tanda berupa defleksi yang besar sebelum terjadi keruntuhan.
  • Balanced Reinvorced . Pada type keruntuhan ini, saat terjadi keruntuhan ( beton mencapai regangan batasnya,c), tulangan juga pas mencapai tegangan lelehnya (fy) . Keruntuhan ini juga terjadi secara tiba-tiba.
Mengenai pengaruh tulangan terhadap beton, Qureshi, dkk (1997 : 161)  menyebutkan bahwa keretakan beton dipengaruhi oleh area yang mengelilingi tulangan, luasan daerah yang mengelilingi tulangan didefinisikan sebagai area yang terganggu oleh tulangan dan dinotasikan dengan Adet, daerah yang terganggu tersebut dianggap sebagai fungsi dari tegangan beton dan tegangan geser rata-rata tulangan yang dinyatakan sebagai indeks kerusakan [2]. Persamaan yang di buat oleh Mr.  Qureshi sebagai berikut:

Persamaan Index Kerusakan

Kesimpulan dari hasil penelitian Mr.  Qureshi Jarak tulangan yang rapat menyebabkan area yang terganggu oleh tulangan menjadi berdekatan, sehingga pada saat pembebanan area ini akan semakin berhimpit dan keretakan yang mula-mula terjadi disekitar tulangan akan terus menjalar ke bagian lainnya. Ilustrasi dari kejadian tersebut sebagai berikut:

Pengaruh Tulangan

Referensi :
  1. Ilmusipil.com : http://www.ilmusipil.com/keruntuhan-pada-beton-bertulang
  2. Tugas Akhir, Perilaku Kehancuran Kolom Beton Bertulang Dengan Variasi Jarak Sengkang Yang Dibebani Tekan Aksial, Saiful Hadi
  • [message]
    • Jasa Desain Rumah
      • Tukang Gambar merupakan layanan usaha yang bergerak pada sektor perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung, Interior, dan Eksterior. Kemajuan teknologi dewasa ini telah memasuki dunia teknologi yang serba cepat dan praktis. Tukang Gambar menawarkan jasa desain rumah secara online agar bisa berinteraksi dimana pun dan kapan pun saja.

Nama

Artikel,53,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Pengaruh Tulangan Terhadap Kekuatan Beton
Pengaruh Tulangan Terhadap Kekuatan Beton
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiPlDsRCpgHLU9wDH7pDjVll12YvND61I1K1hPm5l7sJ-wy2mGgHX2YPAgve_bPcJeuTKL7DyEkozD1s4P-PvNaRaUKqfKKZ6BbR6iMIP3guAkdJWWynI79GGka79eRyAFKRMo6zEB-w_smbZTjTeqp-niye98mvz0u0fSxeeUKpZH-Z9kJCVpb6DnK=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiPlDsRCpgHLU9wDH7pDjVll12YvND61I1K1hPm5l7sJ-wy2mGgHX2YPAgve_bPcJeuTKL7DyEkozD1s4P-PvNaRaUKqfKKZ6BbR6iMIP3guAkdJWWynI79GGka79eRyAFKRMo6zEB-w_smbZTjTeqp-niye98mvz0u0fSxeeUKpZH-Z9kJCVpb6DnK=s72-w640-c-h360
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2021/12/pengaruh-tulangan-terhadap-kekuatan.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2021/12/pengaruh-tulangan-terhadap-kekuatan.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content