Beranjak Dari Kesulitan Lahirlah Sosrobahu

Bagi sebagian orang, kesulitan dianggap sebagai batu penghalang. Namun bagi orang2 tertentu, hambatan dan rintangan malah memotivasi m...


Bagi sebagian orang, kesulitan dianggap sebagai batu penghalang. Namun bagi orang2 tertentu, hambatan dan rintangan malah memotivasi mereka untuk berinovasi sehingga tercipta berbagai kemudahan. 

Ada sebuah kisah menarik dibalik penemuan teknologi "Teknik Sosrobahu" [1]. Teknologi ini merupakan teknik konstruksi yang digunakan pada pembangunan jalan layang yang ditemukan oleh Ir. Tjokorda Raka Sukawati. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.

Hadirnya teknologi tersebut berangkat dari permasalahan yang dialami oleh PT. Hutama Karya ketika membangun jalan layang di atas jalan by pass A. Yani, di mana pembangunannya harus memastikan bahwa jalan itu harus tetap berfungsi. Sebab jika pembangunan dilakukakn dengan cara konvensional, yang dilakukan adalah memasang besi penyangga (bekesting) di bawah bentangan lengan jalan layang, tetapi bekesting itu akan menyumbat jalan raya di bawahnya sehingga bakal timbul kemacetan lalu lintas.

Cara lain adalah dengan bekesting gantung tetapi membutuhkan biaya lebih mahal. Di tengah masalah itu, Ir. Tjokorda Raka Sukawati mengajukan gagasan dengan membangun tiangnya dulu dan kemudian mengecor lengannya dalam posisi sejajar dengan jalur hijau, setelah itu diputar membentuk bahu. Hanya saja kendalanya adalah bagaimana cara memutarnya karena lengan itu nantinya seberat 480 ton.

Singkat cerita, terispirasi dari dongkrak hidroulik mobil, beliau gunakan konsep hidroulik sebagai solusi untuk memutar lengan beton tadi. Pada tanggal 27 Juli 1988 pukul 10 malam waktu setempat (Jakarta), pompa hidraulik dioperasikan hingga titik tekan 78 kg/cm2. Lengan beton raksasa itu, dengan dorongan ringan sedikit saja berhasil berputar 90 derajat sesuai dengan rencana.

Temuan Tjokorda digunakan insinyur Amerika Serikat dalam membangun jembatan di Seattle. Mereka bahkan patuh pada tekanan minyak 78 kg/cm2 yang menurut Tjokorda adalah misteri ketika menemukan alat LBPH Sosrobahu itu. Tjokorda kemudian membangun laboratorium sendiri dan melakukan penelitian dan hasilnya berupa perhitungan susulan dengan angka teknis tekanan 78,05 kg/cm2, nyaris persis sama dengan angka wangsit yang diperolehnya sebelum itu.

Ada sebuah kaedah fiqih yang menyatakan المشقة تجلب التيسير yang artinya kesulitan akan mendorong kemudahan [2]. Beranjak dari kondisi yang terbatas, maka akan lahir ide-ide inovatif demi mengatasi kesulitan yang ada. Dasar kaedah ini salah satunya mengacu pada surat al-Baqarah ayat 185. "Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu" (QS. al-Baqarah : 185).

Hak paten Sosrobahu

Pemerintah Jepang, Malaysia, Filipina. Dari Indonesia, Dirjen Hak Cipta Paten dan Merek mengeluarkan patennya pada tahun 1995 sedangkan Jepang memberinya pada tahun 1992. Saat ini teknologi Sosrobahu sudah diekspor ke Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura.

Teknologi Sosrobahu ini dikembangkan menjadi versi ke-2. Bila pada versi pertama memakai angker (jangkar) baja yang disusupkan ke beton, versi keduanya hanya memasang kupingan yang berlubang di tengah. Lebih sederhana dan bahkan hanya memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dibandingkan dengan yang pertama membutuhkan waktu dua hari. Dalam hitungan eksak, konstruksi Sosrobahu akan bertahan hingga 100 tahun (1 abad).

Tuhan menghadirkan masalah agar manusia bisa belajar dan menjadi lebih baik. Sementara terus menerus berada pada zona aman hanya akan membuat kita terlena dengan kenyamanan sehingga tidak siap ketika menghadapi masalah."Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. " (QS. al-Asrah : 5-6)

Rujukan
[1] Wikipedia, http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sosrobahu
[2] Formulasi Nalar Fiqih-Telaah Kaedah Fiqih Konseptual, hlm. 173

  • [message]
    • Jasa Desain Rumah
      • Tukang Gambar merupakan layanan usaha yang bergerak pada sektor perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung, Interior, dan Eksterior. Kemajuan teknologi dewasa ini telah memasuki dunia teknologi yang serba cepat dan praktis. Tukang Gambar menawarkan jasa desain rumah secara online agar bisa berinteraksi dimana pun dan kapan pun saja.

COMMENTS

Nama

Ads,3,Arsitektur,40,art,6,Artikel,32,Autocad,4,Blog,34,Desain,43,Engineering,9,Gambar,12,Gempa,2,Kufi,6,Masjid,11,Mesjid,12,Portfolio,44,Rumah,16,SketchUp,6,Toko,1,
ltr
item
Tukang Gambar: Beranjak Dari Kesulitan Lahirlah Sosrobahu
Beranjak Dari Kesulitan Lahirlah Sosrobahu
https://1.bp.blogspot.com/-1ZkhJqYT0ok/XetAQ_Rl2pI/AAAAAAAAJHI/UboylTnnuMI0NlbqbZGsKpZ6-sGSyJalACLcBGAsYHQ/s320/images%2B%25289%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-1ZkhJqYT0ok/XetAQ_Rl2pI/AAAAAAAAJHI/UboylTnnuMI0NlbqbZGsKpZ6-sGSyJalACLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%25289%2529.jpeg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2019/12/beranjak-dari-kesulitan-lahirlah.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2019/12/beranjak-dari-kesulitan-lahirlah.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy