`

Dari Mesin Uap ke Mobil Balap

Oleh: Saiful Hadi Tidak perlu berkecil hati walau tak menjadi yang pertama, sebab masih punya kesempatan untuk menempati posisi se...


Oleh: Saiful Hadi

Tidak perlu berkecil hati walau tak menjadi yang pertama, sebab masih punya kesempatan untuk menempati posisi sebagai penyempurna. Sejarah mencatat, James Watt yang meninggal di Heathfielf pada 25 Agustus 1819 silam, ia bukanlah yang mula-mula menggagas ide mengenai mesin uap.

Keberadaan mesin uap telah dimulai sejak abad 1 masehi oleh Hero dari Alexandria. Dalam buku dari puncak Bagdad karya Tamim Anshari juga diceritakan bahwa Engineer Muslim pada abad pertengahan juga telah menggunakan mesin uap yang difungsikan untuk memasak kambing guling.

Sementara menjelang revolusi Industri, salah seorang pegawai tambang dari Spanyol bernama Jerónimo de Ayanz telah mematenkan mesin uap untuk mengangkut air banjir di tambang Guadalcanal, Seville, Spanyol. Lalu setelahnya disusul oleh inventor asal Inggris Thomas Savery, ia mematenkan mesin bertekanan uap untuk mengangkut air banjir tambang pada 1690-an.

Pada masa yang berbarengan dengan Savery, seorang laki-laki Inggris yang tinggal di Barat Daya bernama Thomas Newcomen juga tengah sibuk membuat mesin uap versinya sendiri. Dari mesin buatan Newcomen inilah kelak dimodifikasi lebih lanjut oleh James Watt sehingga penggunaanya tidak hanya terbatas pada pompa air saja, akan tetapi penggunaannya merambah sampai ke pabrik tekstil.

Biarpun Watt bukanlah orang pertama yang mencipta mesin uap, tapi melalui tangan kreatifnya mesin tersebut telah menjadi jauh lebih baik. Sejak saat itu sampai sekarang, keberadaan mesin uap terus berkembang dan semakin canggih dari sebelumnya, aplikasinya pun telah merambah ke berbagai bidang, tidak hanya untuk industri, cikal bakal mesin mobil juga terinspirasi dari mesin uap tersebut.

Demikian juga halnya dalam dunia desain gambar teknik, jauh sebelum AutoCAD hadir, para Drafter menggambar dengan bantuan meja gambar dan penggaris. Inovasi terus berkembang seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman. Teknologi masa lalu telah memberikan sumbangan yang amat berharga terhadap pembangunan dunia modern.
  • [message]
    • Jasa Desain Rumah
      • Tukang Gambar merupakan layanan usaha yang bergerak pada sektor perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung, Interior, dan Eksterior. Kemajuan teknologi dewasa ini telah memasuki dunia teknologi yang serba cepat dan praktis. Tukang Gambar menawarkan jasa desain rumah secara online agar bisa berinteraksi dimana pun dan kapan pun saja.

Nama

Artikel,56,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Dari Mesin Uap ke Mobil Balap
Dari Mesin Uap ke Mobil Balap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdDA8ohB0SLDfdyjiAvXViVHTcjGzVvtHMDf1pe2B19U0CeigNOn8eGo8NPjtOYwL1BTIYzM_qotb7QyvQ1lp5D1nPUATaxpkaKfHWrLBU10z9LtTz3XR5b1slbUPsK_6Hd4NV91ChYsRq/s640/IMG_20180825_225145.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdDA8ohB0SLDfdyjiAvXViVHTcjGzVvtHMDf1pe2B19U0CeigNOn8eGo8NPjtOYwL1BTIYzM_qotb7QyvQ1lp5D1nPUATaxpkaKfHWrLBU10z9LtTz3XR5b1slbUPsK_6Hd4NV91ChYsRq/s72-c/IMG_20180825_225145.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2018/09/dari-mesin-uap-ke-mobil-balap.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2018/09/dari-mesin-uap-ke-mobil-balap.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content