`

Shalat Sebagai Sumber Energi

oleh: Saiful Hadi Manusia diciptakan oleh-Nya tak lain dan tak bukan melainkan hanya untuk menyembah-Nya semata. Dan shalat merupakan...

oleh: Saiful Hadi

Manusia diciptakan oleh-Nya tak lain dan tak bukan melainkan hanya untuk menyembah-Nya semata. Dan shalat merupakan salah satu sarana dalam menyembah-Nya. Sehari semalam telah dibebankan kewajiban shalat bagi yang telah mukallaf sebanyak lima waktu, dengan total rakaat keseluruhan sebanyak 17 rakaat.

Dalam pelaksanaan ibadah shalat, syarat dan ketentuan harus terpenuhi agar ibadah tersebut dipandang sah. Diantaranya, seseorang yang hendak mengerjakan shalat haruslah mensucikan dirinya terlebih dahulu dengan cara berwudhu. Wudhu pun baru sah dengan menggunakan air yang suci lagi menyucikan.

Shalat Sebagai Sumber Energi
Di tengah situasi yang sering padam listrik, persoalan energi menjadi sesuatu yang perlu untuk dipikirkan guna tercipta energi-energi alternatif yang bisa dimanfaatkan dengan mudah.
Terbersit sebuah ide, kenapa tidak menjadikan Shalat sebagai sumber dari energi listrik. Bukankah sehari semalam kita melaksanakan shalat minimal lima kali (shalat wajib), dan pada saat melaksanakan shalat minimal sekali berwudhu. 

Jadi, terpikir kenapa tidak kita manfaatkan air wudhu sebagai pembangkit energi dengan menggunakan konsep microhydro. Hal ini akan menjadi efektif terutama jika diaplikasikan pada tempat wudhu umum seperti pada mesjid atau musalla.

Agar lebih terbanyangkan, berikut video kran air tempat wudhu yang telah dimodifikasi dengan turbin air. Ketika kran air dibuka, air akan akan memutar generator sehingga akan menghasilkan daya listrik. Bisa dibayangkan, jika setiap kran dipasang turbin dan selalu ada yang berwudhu sehingga akan menghasilkan energi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya listrik. Pada tahap berikutnya energi listrik yang dihasilkan bisa dihubungkan dengan baterai sebagai penyimpan daya dan selanjutnya pasang inverter untuk mengubah daya agar bisa dimanfaatkan menjadi lebih luas.

  • [message]
    • Jasa Desain Rumah
      • Tukang Gambar merupakan perusahaan jasa konsultansi yang bergerak pada sektor perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung, Interior, dan Eksterior. Kemajuan teknologi sekarang ini, telah memasuki dunia teknologi yang serba cepat dan praktis. Tukang Gambar menawarkan jasa desain rumah secara online agar bisa berinteraksi dimana pun dan kapan pun saja.

Nama

Artikel,56,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Shalat Sebagai Sumber Energi
Shalat Sebagai Sumber Energi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mpp1VLzu8zLo9x8BjnZq1XpzwUzhRQ6NcAElEvHa3kRpw7yz7u1iLF39rsXyEspVV3oVpu0YxvXHfREsvr6yADH7moS-dBPyikyEVPpKJyDbA1XE6YUH-9DAVQo9bq9_LT0mBLYcrKw/s640/energi-listrik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mpp1VLzu8zLo9x8BjnZq1XpzwUzhRQ6NcAElEvHa3kRpw7yz7u1iLF39rsXyEspVV3oVpu0YxvXHfREsvr6yADH7moS-dBPyikyEVPpKJyDbA1XE6YUH-9DAVQo9bq9_LT0mBLYcrKw/s72-c/energi-listrik.jpg
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2017/06/shalat-sebagai-sumber-energi.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2017/06/shalat-sebagai-sumber-energi.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content