`

Rumoh Aceh, Bangunan Tahan Gempa

Dari keterangan Wikipedia disebutkan bahwa Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3...


Dari keterangan Wikipedia disebutkan bahwa Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur).

Secara analisisi struktur, rumoh Aceh pernah diuji secara laboratorium melalui miniatur kecil dan perhitungan program SAP 2000. Hasilnya adalah rumoh Aceh terbukti mampu bertahan dari gempa karena struktur utama yang kokoh dan elastis. Kunci kekokohan dan keelastisan iniadalah pada hubungan antar struktur utama yang saling mengunci, hanya dengan pasak dan bajoe, tanpa paku, serta membentuk kotak tiga dimensional yang utuh (rigid). Keelastisan ini menyebabkan struktur bangunan tidak mudah patah, namun hanya terombang-ambing ke kanan kiri yang kemudian kembali tegak atau pun bangunan terlikuifaksi (terangkat ke atas) yang kemudian mampu jatuh kembali ke tempat semula. Jika bangunan bergeser pun hanya beberapa centimeter saja dan dalam keadaan utuh. Sebuah pondasi batu utuh yang hanya ditanam sedikit (lima centimeter) juga memperlentur pergerakan keseluruhan bangunan sesuai dengan pergerakan tanah.

Demikianlah, tiga komponen struktur utama yang menjadi pusat kekokohan bangunan meliputi pondasi (komponen kaki) sebagai pusat beban bangunan terbesar, kemudian tiang dan balok antar tiang (komponen badan) sebagai penyalur beban dari atas dan dari samping, serta rangka atap (komponen kepala) sebagai penyangga beban elemen paling atas bangunan dan dari samping atas.

Kemudian terkait dengan iklim topis, penghawaan ruang dalam rumoh Aceh sangat baik karena udara dapat mengalir dengan baik melalui tingkap (jendela), sela-sela antara lantai yang terbuat dari papan kayu atau bilah bambu, maupun sela-sela antara atap dan dinding. Selain itu, sela-sela antara lantai jugamempermudah pembuangan kotoran di dalam ruang. 

Elemen teratas bangunan yaitu atap rumoh Aceh yang berbahan rumbia juga memiliki andil besar dalam memperingan beban bangunan sehingga saat gempa tidak mudah roboh. Fungsi yang lain pun rumbia juga menambah kesejukan ruangan. Keburukan sifat rumbia yang mudah terbakar pun juga sudah ada solusinya dalam rumoh Aceh. Ketika rumbia terbakar, pemotongan tali ijuk di dekat balok memanjang (bara linteueng) pada bagian atas dinding mempercepat runtuhnya seluruh kap rumbia ke samping bawah sehingga tidak merembet ke elemen bangunan lainnya. Multi fungsi rumoh Aceh pada seuramoe keue (serambi depan) dari ruang tamu, ruang makan, hingga ruang tidur kaum lelaki juga hal lain yang menarik dari rumoh Aceh. Perabot yang sedikit memudahkan perubahan fungsi ini dan juga menambah kelancaran aliran udara.

Sumber: Atjehlink
Ilustrasi Struktur Rumoh Aceh | tukanggambar.com


  • [message]
    • Jasa Desain Rumah
      • Tukang Gambar merupakan perusahaan jasa konsultansi yang bergerak pada sektor perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung, Interior, dan Eksterior. Kemajuan teknologi sekarang ini, telah memasuki dunia teknologi yang serba cepat dan praktis. Tukang Gambar menawarkan jasa desain rumah secara online agar bisa berinteraksi dimana pun dan kapan pun saja.

Nama

Artikel,56,Desain,54,Gedung,5,Masjid,16,Rumah,21,Video,21,
ltr
item
Tukang Gambar: Rumoh Aceh, Bangunan Tahan Gempa
Rumoh Aceh, Bangunan Tahan Gempa
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhH5_wBWEHkmmtATmCjUwMPpMVJRbc17NQD6xfWJpPc563qVq3IgXJ40ainvRz9Phb01sU4gGXxyRdCpDcZ7UlVrOPQXk5y5SReE_B4HUY8kxlLqAaumnmKbOuI1Bq8V7gD0KKlZInNibETG0TAzZBKp0SGV1mbWL9RNWuJpWsVNuFmDcZ8vrmSUKrR=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhH5_wBWEHkmmtATmCjUwMPpMVJRbc17NQD6xfWJpPc563qVq3IgXJ40ainvRz9Phb01sU4gGXxyRdCpDcZ7UlVrOPQXk5y5SReE_B4HUY8kxlLqAaumnmKbOuI1Bq8V7gD0KKlZInNibETG0TAzZBKp0SGV1mbWL9RNWuJpWsVNuFmDcZ8vrmSUKrR=s72-w640-c-h360
Tukang Gambar
https://www.tukanggambar.com/2017/05/rumoh-aceh-bangunan-tahan-gempa.html
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/
https://www.tukanggambar.com/2017/05/rumoh-aceh-bangunan-tahan-gempa.html
true
7513424967823817578
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content